Minggu, 20 Juli 2014

Mengapa Jadi Blogger Itu Menyenangkan?


Jika merujuk pada pendapat orang tua bahwa "Jika suatu pekerjaan dinikmati dengan sungguh-sungguh dan dilandasi rasa cinta yang mendalam, maka hasil yang didapat adalah hal yang menyenangkan". Apapun pekerjaannya, jika itu sudah dilandasi suka, maka proses adalah segalanya. Bukan hasil. Dan itu terjadi pada saya, saat saya memutuskan untuk menjadi seorang blogger di Dunia maya ini.



Sampai saat ini terutama di Indonesia, blogger masih dianggap hobi yang tidak menghasilkan apa-apa,kecuali menghabiskan waktu. Tapi pendapat miring itu bisa saya bantah, karena ketika kita menikmatinya dan dilandasi rasa senang, maka menjadi blogger adalah pilihan tepat. Tanpa sia-sia.

Saya mengenal dunia blogging pada tahun 2007 silam, saat menjadi mahasiswa tingkat akhir. Waktu itu internet sudah mulai mewabah di Indonesia. Di kampus banyak sekali fasilitas internet yang bisa diakses mahasiswa kapan pun dia mau. Alhasil, degan keadaan seperti itu, saya begitu tertarik menjadi seorang blogger. Awalnya, saya senang mengotak-atik script HTML hingga saya bisa membuat suatu blog yang enak dilihat. Pada saat itu, menulis adalah bukan hal yang saya prioritaskan.

Di tahun 2008 pun, saya sudah lancar membuat sebuah blog dan menguasai sedikit bahasa HTML/XML. Namun belum ada produk tulisan yang saya hasilkan. Akhirnya, dari 2008 sampai 2011 akhir, saya meninggalkan dunia blogging. 

Ketika vakum, saya tidak menganggap blogging adalah sebuah hobi yang menyenangkan. Tahun awal 2012, akhirnya saya menemukan lagi feel untuk beraktivitas di dunia blogging. Seolah hidup kembali dari mati suri. Tiap hari saya duduk manis di depan notebook dan sedikit demi sedikit menulis apa saja yang sekiranya membuat saya merasa puas dengan karya kecil itu. Sampai akhirnya sekarang saya begitu menikmati menjadi seorang blogger dengan segudang idialisme dan semangat.

Pertanyaan dari banyak orang adalah apa asyiknya sih menjadi seorang blogger? Ini adalah pertanyaan yang gampang-gampang susah dijawab. Tapi saya akan coba uraikan versi saya, diambil dari pengalaman selama ini :

# Mempertajam Pola Pikir

Jika kita penganut idealisme tinggi, menjadi seoarang blogger adalah sarana untuk mempertajam pola pikir. Mengapa bisa demikian? karena dengan menulis di blog, pola dalam pikiran kita akan terbuka dan mencari banyak hal atas keingintahuan dari apa yag kita pikirkan. Dengan demikian, menulis di blog bisa dijadikan "asahan" yang mempertajam pola pikir.

# Sebagai Alat Kepuasan dalam Berekpresi

Ketika kita menulis artikel kemudian banyak dibaca, apalagi jika itu bermanfaat, maka hal yang didapatkan adalah kepuasan batin dan rasa senang yang tidak bisa uangkan. Itu lah hal yang sangat memotivasi untuk terus berkarya.

# Mendapat Banyak Teman

Sampai saat ini (ketika artike ini ditulis), jumlah blogger sangat banyak. Banyak forum-forum yang menjadi tempat blogger bertukar pikiran, share dan berbagi pengalaman. Interaksi ini sangat memungkinkan untuk kita mendapatkan teman sebanyak mungkin. 

# Bisa Menjadi Tempat Mancari Rizki

Ada banyak pertanyaan pada saya, apa iya jadi blogger itu bisa menghasilkan? saya cuma bisa menjawab "searching aja di google", karena disana akan ditemui banyak blogger sukses yang menyandarkan hidupnya pada dunia blogging. Mereka menjadi jutawan bahkan milyuner dari dunia blogging. Contoh, blog mashable.com adalah blog yang bisa menghasilkan setidaknya 2 Milyar lebih tiap bulannya. Darimana? sekarang sudah ada layanan dari google yang mengkin semua blogger untuk menjadi Publisher Google. Dan dari sanalah lumbung uang.

Nah! jangan anggap remeh bekerja sebagai blogger karena di 10 atau 20 tahun kedepan, Blogger bisa menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan dan diminati. Dari keempat hal yang saya ungkapkan, itulah alasan mengapa jadi blogger itu menyenangkan.

Doni Nudiansyah
Cimahi, 20 Juli 2014

8 komentar:

  1. Satu lagi, jadi semakin peka sama lingkungan... hehehe itu sih yang kurasakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak retno..pantang menyerah menjadi blogger ya,,,

      Hapus
  2. ini nih tulisan yang kaya gini membuat saya lebih tertarik dan bersemangat untuk menulis di blog :D..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga semakin terpacu ya mas...semangat terus ngeblognya

      Hapus
  3. tambahan min, banyak pahala!!!
    kreative dan makin ganteng tentunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia maksud ane. semakin ganteng mah sudah tentu, tapi juga semakin kucel, tiap hari dedepan laptop mulu. hahahaha

      Hapus
  4. saya mengenal blog sejak akhir tahun 2011..waktu itu saya ngeblog menggunakan laptop mlk teman dan hanya edit warna template-nya doang,artikel kurang lebih hanya ada 6 saja hasil kopas sedangkan pengunjung hanya saya sendiri yg istiqomah.
    pada tahun 2012 - 2014 saya vakum karena alasan tidak ada pinjaman laptop.
    sekitar bulan juni 2015 ada teman saya yang mempunyai laptop lalu saya meminjamnya untuk membuat blog baru dengan menggunakan template dr mas sugeng dan Alhamdulillah jadi. Namun kendala yg sama juga datang seperti tahun2 sebelumnya yaitu tidak punya laptop dan tidak bisa membuat artikel.
    Akhirnya saya memutuskan tuk ngeblog menggunakan hp Android sekaligus sambil copas karya orang lain yang di sertai link sumber aslinya.
    Kini blog saya sudah ada 60 artikel,7 hasil copas,13 hasil referensi dan sisanya hasil karya sendiri tp berantakan. Dari 60 artikel hanya ada 3 yg masuk page one rank satu,dua dan lima.
    page view/hari minimal 1200 dari visitor organik...kalau share facebook minimal 3000 pv/hari.
    Daftar GA udah dua kali di tolak...tp mskpn di tolak hati merasa senang karena artikelnya ada yg masuk page one rank satu.

    BalasHapus
  5. emang sangat menyenangkan jadi seorang blogger itu. sangat banyak manfaatnya.. dan banyak banget acara2 kumpul..

    BalasHapus