Jumat, 06 Oktober 2017

Tips Menambah Visitor Blog Tanpa Blogwalking

Jika sudah memiliki blog, maka yang harus dilakukan oleh seorang blogger adalah bagaimana caranya mendatangkan pengunjung blog agar blog yang dibuat tetap hidup. Dalam artikel sebelumnya tentang Meningkatkan Trafik Blog dengan Cara yang Simple, saya lebih membahas bagaimana meningkatkan trafik dengan cara riset keyword yang dirasakan membutuhkan waktu yang lama untuk menuai hasilnya.



Cara selanjutnya yang akan saya bahas untuk membahas bagaimana menambah visitor blog tanpa blogwalking.

Sebagaimana Kita ketahui bahwa Blogwalking adalah cara yang umum dilakukan oleh seorang blogger untuk mendatangkan pengunjung bagi blognya. Selain itu, blogwalking juga dianggap mampu memberikan backlink yang berguna untuk meningkatkan SERP di mesin pencarian seperti Google.

Blogwalking adalah cara yang dipandang terbaik karena disamping mampu meningkatkan visitor, juga mampu menghadirkan interaksi yang baik sesama blogger.

Namun dilain sisi, untuk melakukan blogwalking membutuhkan waktu khusus agar lebih fokus. Jika tidak, maka blogwalking akan dianggap asal-asalan dan hanya basa-basi semata.

Apakah ada cara lain menambah visitor tanpa blogwalking? 


Jawabannya ADA.

Berikut akan saya ulas cara menambah visitor tanpa melakukan blogwalking dari hasil pengalaman selama berkecimpung di dunia blogging. 

#Cara Ke-0 : Buatlah Artikel yang berkualitas

Sebelum ke cara 1, 2,...dst, saya akan bahas cara ke-0. Cara yang harus benar-benar dipenuhi sebelum beranjak ke cara-cara selanjutnya. 

Di cara yang ke-0 ini, kita harus benar-benar membuat artikel yang berkualitas. Jadi bisa dikatakan bahwa cara ke-0 ini adalah prasyarat untuk meningkatkan visitor blog.

Dengan membuat konten yang berkualitas, maka apresiasi tidak hanya didapat dari para pembaca, melainkan juga bisa diperoleh dari mesin pencari dan situs-situs serupa yang ujungnya bisa mengajak bekerja sama.

Selanjutnya cara menulis artikel berkualitas saya bahas di artikel 5 Cara Membuat Artikel Berkualitas yang Disukai Google.

#Cara Ke-1 : Submit Artikel ke VIVAlog

Ini adalah cara yang sangat manjur setelah saya praktekan. Caranya sangat simple, yakni mensubmit artikel Kita ke VIVAlog

VIVAlog adalah sebuah platform dibawah naungan Viva.co.id yang berguna untuk mempromosikan, berbagi dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan yang paling menarik di Indonesia. 

Layanan VIVALog tidak pandang bulu, siapa saja bisa mendaftar dan mengirimkan artikel-artikelnya. Namuntentunya dari Viva sendiri sangat mengingkan artikel-artikel yang dikirim adalah artikel yang berkualitas. So, syarat ke-0 benar-benar mutlak harus terpenuhi sebelum mengirim artikel ke VIVALog.


VIVAlog bersifat Mutualisme karena kita para pengguna VIVAlog dan pihak VIVAlog sendiri akan saling diuntungkan. Bagi para pengguna VIVAlog, mereka akan mendapatkan traffic, karena didalam artikel yang kita kirimkan ke VIVAlog tidak sepenuhnya muncul, namun ada tombol "read more" yang jika diklik akan menuju ke blog kita, dan hasilnya traffic blog kita akan naik. Dan bagi pihak VIVAlog mereka akan mendapatkan artikel gratis dari para blogger yang menggunakan VIVAlog.

Lalu pertanyaannya, bagaimana kalau artikel saya tidak diterima atau dimuat?

Pertanyaan ini bisa dijawab : sudah berkualitas artikel Kita untuk dikirimkan ke website besar seperti Viva. So, jangan berkecil hati jika artikel yang Kita kirim tidak dimuat. Teruslah menulis dan menulis.

#Cara ke-2 : Menjadi Penulis Tamu di Blog Besar

Cara ini sudah saya praktekan sekali. Namun hasilnya sangat efektif. Dari yang telah saya lakukan, lonjakan trafik sangat signifikan dengan menggunakan cara ini.

Caranya terbilang gampang, namun menuntut keberanian dan kepercayaan diri. Cara yang saya lakukan adalah berani menghubungi blogger-blogger besar untuk menawarkan diri menjadi penulis tamu di blogger yang Ia garap.

Saya pernah melakukannya kepada blog Maxmanroe.com yang merupakan salah satu blog besar di Indonesia.

Lewat email saya berhasil menghubungi mas Marixson Manurung, Sang Pemilik Blog. Saya berani menawakan kerjasama dan dia menyanggupi. Setelah itu, saya mengirimkan artikel untuk dimuat di blog tersebut dengan catatan memberikan 2 related article yang mengarah ke blog Kita.

Selain mampu manambah visitor blog, cara ini juga dipandang efektif untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi.

#Cara ke-3 : Pergilah ke forum-forum besar

Cara ini sudah saya terapkan sudah sejak lama. Untuk mendongkrak visitor, saya aktif di forum-forum besar seperti Kaskus, Idws atau forum-forum sejenis yang banyak dibanjiri visitor.

Buatlah thread yang aneh dan mengusik para pembaca. Jika ini bisa kita lakukan, kemungkinan besar akan menjadi Hot Thread. Jika sudah begini, orang akan mencari sumber. Jangan lupa memasang URL yang mengarah ke blog Kita.

Cara ini juga sangat signifikan untuk menaikan jumlah visitor ke blog Kita. Namun diharapkan tidak berbuat spam melakukan cara ini, karena disamping mengganggu juga akan merugikan Kita sendiri.

Demikian tips yang bisa saya share buat teman-teman. Semoga bermanfaat. 

Terimakasih

38 komentar:

  1. belum coba ke vivalog
    selama ini masih dari Kompasiana aja yg nyangkut
    bisa dicoba

    BalasHapus
  2. Vivalog. Oke deh..makasih ilmunya..

    BalasHapus
  3. Vivalog. Oke deh..makasih ilmunya..

    BalasHapus
  4. Masih mengandalakn gugling gan
    Google me Design & Creativity

    BalasHapus
  5. Saya jg mengandalkan Vivalog utk menarik visitor, kalo sdh masuk vivalog lumayan pengunjungnya

    BalasHapus
  6. aku uda lama ga masukin ke viva euy jd reminder niy hehehe

    BalasHapus
  7. Baru tau neh soal viva, terimakasih ilmu bergizinya kak.

    BalasHapus
  8. Selama ini yg aku lakuin cm BW sih, selalu spare waktu 2 jam sehari utk BW. Tp yg vivalog ntr mau coba ah :) .. Selama ini blm begitu PD utk submit artikel ke sana :) . Tapi utk tips nomor 0, aku selalu berusaha maksimal utk bisa nulis artikel yg baik, at least yg ada manfaatnya, bukan cm sekedar curhat ga jelas.. Makanya slalu banyakin BW, krn ini caraku jg utk banyak belajar dr blog2 yg memang sudah bagus :)

    BalasHapus
  9. Selain vivalog, ada yg lain kak?

    BalasHapus
  10. Sebuah solusi yang menurut saya akan memecah kebuntuan dalam mengelola blog, akan saya coba untuk meningkatkan trafik blog...terima kasih informasinya

    BalasHapus
  11. duh iya bener ke Vivalog itu membantu banget, tapi aku lupa terus kalau mau submit ke sana

    BalasHapus
  12. kalo viva blog bersahabat dengan simbah enggak hehe, soalnya cari back link di medsos dengan menyebar link akan dianggap spam simbah google

    BalasHapus
  13. Udah pernah nyoba, tpi waktu nge-submit linknya(pake google chrome) susah banget,

    ke rollback ke halaman login mulu mas, padahal udh login 😑

    BalasHapus
  14. anjay tips nya sedikit mnjebak sih, tapi bolehlah di praktekan dedelw.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Aku baru coba masukin ke vivalog, carabuatkerjaan.blogspot.com

    BalasHapus
  16. Mantap nih artikelnya. Poin2nya anti mainstream. Vivalog, dan poin no 2 boleh juga tuh. Thanks mas.

    BalasHapus
  17. BW menurut saya masih cukup efektif untuk meningkatkan jumlah visitor, kalau malas BW langsung terasa penurunan jumlah PV.

    Untuk jadi penulis tamu di blog besar, butuh kreatifitas tinggi supaya bisa di approve, selain itu juga harus memiliki rasa percaya diri supaya hasilnya bisa maksimal.

    BalasHapus
  18. Terima kasih banyak Tips anda trick nya tentang Blogwalking

    BalasHapus
  19. Vivalog itu seperti social bookmarking ya mas bro ?

    BalasHapus
  20. aku kira, blog maxmanroe itu yang punya cewek. ternyata cowok ya :) hahahaha

    BalasHapus
  21. Akh buat apa sih repot-repot nyari visitor ? yang berkunjung kebanyakan para bloger yang umumnya cuma nyari back link saja kok...
    coba cari & baca "redupnya duinia blogging indonesia"

    BalasHapus
  22. Banyak juga yang menggunakan vivalog ya, coba juga deh. Mdah2an nular visitornya hehee

    BalasHapus
  23. sangat menarik, saya jadi mengerti tentang dunia blogwalking

    BalasHapus
  24. Cara submit artikel ke vivalog bagaimana gan? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  25. saya perhatikan belakangan ini vivalog sudah tidak fair lagi. Tidak seperti dulu lagi.

    COba kunjungi beberapa dari vivalog sekarang, pasti asal artikelnyanya dari wowmenariknya dot com, wowuniknya dot id. dan lain-lain. Seolah2 blog2 ini menjadi langganan di vivalog. Saya curiga itu hanya bagian dari admin di viva log itu sendiri.

    Sangat menjengkelkan sekali.

    BalasHapus
  26. klo aku suka blogwalking mau coba juga sumit artikel di viva log

    BalasHapus
  27. tulisan bagus kak. mudah-mudahan bisa menambah ilmu bagi saya yang masih newbie. kunjungin juga website saya www.learadinka.com

    BalasHapus
  28. Kalau blog ini menerima penulis tamu g ya???

    BalasHapus