Senin, 25 September 2017

Meningkatkan Trafik Blog dengan Cara yang Simple

Trafik melimpah adalah idaman bagi para blogger dimanapun termasuk saya. Dengan trafik yang melimpah sudah barang tentu bisa mengarah pada monetisasi blog.


Namun tidak sedikit para blogger menyerah saat blognya sepi pengunjung. Mulai resign dari aktivitas blogging dan melupakan blogging yang telah ia bangun dengan susah payah.

Lalu bagaimana agar blog kita bisa ramai pengunjung?

Ini adalah pertanyaan di setiap blogger dimanapun. Termasuk saya dulu. Dan jawaban dari pertanyaan itu bisa saya temukan setelah 5 tahun berkecimpung di dunia blogger.

Untuk membuat trafik blog meningkat memang bukan pekerjaan seperti yang dilakukan oleh Roro Jongrang, membangun 1000 candi dalam 1 malam. Maksud saya, tidak diperoleh dalam waktu cepat. Semuanya butuh proses yang panjang.

Untuk membuat lonjakan trafik memang perlu waktu lumayan panjang. Yang saya rasakan untuk bisa lebih dari 3000 pageview/hari dibutuhkan kurang lebih 3 tahun. Dan sekitar 60 persen trafik yang saya peroleh dari mesin pencarian Google alias trafik organik.

Mengapa bisa begitu?

Pertama, Ternyata google sangat memperhitungkan domain yang telah memiliki usia panjang untuk bisa terindex di mesin pencariannya. Jika domain kita sudah lebih dari 3 tahun, maka proses indexing di google pun akan berjalan cepat. Ini sangat menguntungkan bagi kita, mengingat trafik dari mesin pencarian sangat signifikan.

Kedua, Jika usia domain kita lebih dari 3 tahun, maka jumlah artikel yang kita hasilkan pun banyak. Misalnya sehari kita update minimal 1 artikel maka dalam 1 tahun kurang lebih 1000 artikel sudah kita hasilkan. Dengan banyaknya artikel maka pengunjung akan berbetah-betah ria menyelami blog kita. Ini sangat berarti untuk lonjakan trafik.

Cara yang telah saya terapkan untuk mendongkrak trafik yang berlimpah adalah dengan cara riset keyword sebelum membuat artikel. Namun, syarat ini berlaku untuk blog telah berusia lebih dari 3 tahun. Mengingat apa yang telah disampaikan di point pertama di atas.

Hal ini telah saya terapkan di blog saya sebelumnya serupedia.com. Usia blog ini sudah mencapai 5 tahun.

Trafik yang saya dapatkan dari 13.000 Pageview/hari.



Mari akan saya perlihatkan hasil kata kunci yang berhasil nangkring di nomer 1 mesin pencarian google.

1.  Forum internet terpopuler di Indonesia



Ini adalah kata kunci yang bisa melonjakan trafik serupedia. Dari penelusuran google webmasters kata kunci ini menduduki peringkat pertama yang menyumbang trafik terbesar bagi serupedia.

Yang tak disangka-sangka adalah situs sekelas kaskus pun kalah. Ini mengindikasikan juga kualitas konten sangat mempengaruhi.

2. Daur ulang sampah


Kata kunci ini paling banyak dicari oleh banyak orang. Dan yang lebih dramatis adalah pembuatan artikel ini masih terhitung baru yakni tahun 2017. Berbeda dengan keyword sebelumnya yang dibuat tahun 2013. 

Hal ini menunjukan bahwa usia domain memang sangat berpengaruh terhadap indexing di google senidiri.

Oke, cukup dua saja ya. Sebenarnya masih banyak. Nanti silahkan search sendiri. Seperti kata kunci Ilmuwan Fisika, Aplikasi Kecerdasan Buatan, Situs travel terbaik, dan lain-lain.

Kata kunci yang berhasil nangkring di nomer 1 google ini saya peroleh berkat riset keyword sebelum membuat artikel. Ditunjang dengan artikel yang mencoba orisinil walau ada beberapa yang saya ramu dari berbagai sumber.

Apa yang saya lakukan memang terhitung sederhana dalam meningkatkan trafik blog. Sebenarnya SEO itu mudah jika kita berkeingian terus membuat artikel yang berkualitas. Yang bisa bermanfaat untuk sesama.

Semoga bermanfaat


32 komentar:

  1. Saya masih harus banyak belajar untuk menentukan kata kunci. :)

    BalasHapus
  2. Aku lupa blog1 sudah berdiri berapa tahu. :D Tapo boleh juga tuh. Selama ini aku kurang riset. :'D

    BalasHapus
  3. Bermanfaat mas, saya juga perlu banyak belajar kata kunci tulisan di blog, biar jadi No 1 di pencarian google

    Tapi yang paling terpenting itu konsiten iya kan mas,

    BalasHapus
  4. Mantap mas. Eh itu yg forum, di nomor 2 nya sama persis isinya sama serupedia. susah ya... banyak yg copas juga gitu mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas,,tapi biarlah. artinya konten kita memang bermutu..hehehehe

      Hapus
  5. Mas Doni,
    Pertama, ralat: yang bikin Prambanan menurut legenda adalah Bandung Bondowoso untuk Roro Jonggrang #protes kwkwkw
    Kedua, PV 13rb an? OMG itu PV blog saya berapa bulan...:D
    Ketiga, terima kasih infonya..bermanfaat buat pemula kayak saya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya...makasih banyak atas ralatnya,,,hehehe
      iya mbak. hasil jerih payah selama ini.
      sama2 mbak,,semoga bermanfaat saja ya

      Hapus
  6. Keren bingits PV nya, mas Doni. Wah, mesti banyak belajar lagi ni bikin kata kunci yang bagus di tiap artikel yah.

    BalasHapus
  7. Wah PV nya keren, yang masih sulit menemukan kata kunci yang bagus. berbagi tips nya dong mas doni

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai google adword mbak,,,kita bisa pilih kata kunci yang hendak di bidik.

      Hapus
  8. Riset keywords penting banget ya, aku tau caranya tapi gak praktekin, bikin kata kunci sendiri gitu jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak...efeknya sangat signifikan banget...

      Hapus
  9. minimal tiga tahun yaa... diriku mah apa, newbie yang umur blognya baru beberapa bulan hehe. anyway thanks ilmunya mastah

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak,,,tinggal kesabarannya aja nih yang harus di uji. wkwkw

      Hapus
  10. Jadi ini rahasianya. Hihi riset kata kunci aku belum nyobain. Makasih tipsnya mas.

    BalasHapus
  11. Makasi sharingnya mas.. pantesan blog saya baru 1 tahun nih mas.. jadi pageviewnya paling 4000 an.. kapan ya saya ampe 13.000 per day kaya mas doni hehe makasi ulasannya bagus sekali dan wajib d praktekan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak,,semoga bermafaat dan sukses terus ngeblognya...

      Hapus
  12. lagi menyimak mas. artikel nya keren. ingin tanya apa trafik tinggi berbending lurus sama omzet jualan mas?

    BalasHapus
  13. Apa tidak Ada Cara lain gan? Masa harus nunggu 3th?

    BalasHapus
  14. intinya, biarlah waktu yang mendewasakan blog kita hehehe...salam kenal mas

    BalasHapus