Jumat, 22 September 2017

5 Cara Menjaga Konsistensi dalam Ngeblog

Jika sudah terjun ke dunia blogging maka yang harus selalu dilakukan adalah selalu mengupdate blog yang kita garap. Ini sangat penting. Jika tidak, maka blog akan terlihat mati suri bahkan ditinggal pembaca.


Ketika saya banyak ditanya bagaimana resep menjadi blogger, maka saya selalu menjawab dengan satu kata yaitu Konsisten.

Menjaga konsistensi dalam ngeblog memang terasa sukar. Terlebih dengan segudang aktivitas pekerjaan yang kita lakukan. Hal ini akan membuat kita sering lupa tidak mengupdate blog yang kita miliki.

Lalu bagaimana menjaga konsistensi dalam ngeblog?

Baik! saya akan sedikit share pengalaman yang selama ini saya rasakan ketika menjaga konsistensi dalam ngeblog.

1. Buat jadwal rutin

Memang sepertinya sangat mengikat. Namun cara ini sangat efektif agar blog tetap terupdate.

Jadwalkan hari dan jam berapa kita harus update artikel. Minimal seminggu sekali. Lebih bagus jika lebih dari itu.

Awalnya mungkin akan terasa susah dan mengikat. Namun jika terus dibiasakan, lambat laun akan jadi kebiasaan yang mengasyikan.

2. Banyak membaca 

Cara ini juga sangat efektif dalam menjaga konsistensi. Dengan banyak membaca ketajaman pikiran akan terus terjaga. Lambat laun konsistensi dalam membuat konten pun akan terus dilakuakan.

Dengan mambaca juga, kita akan ditemukan dengan hal-hal baru yang menarik. Ini berefek pada kualitas konten/artikel yang kita hasilkan. So, jangan berhenti untuk belajar dan membaca !

3. Selalu berpegang teguh pada tujuan ngeblog

Saat kita terjun ke dunia blogging pasti banyak tujuan yang kita ingin capai. Ada yang sekedar hobi, ingin berbagi bahkan sampai ingin jadi orang kaya dari hasil ngeblog.

Maka jika kita selalu berpegang teguh pada tujuan awal kita ngeblog, maka konsistensi dalam ngeblog juga akan terbangun dengan baik.

Saat tujuan kita dalam dunia blogging adalah ingin banyak berbagi dengan orang makan konsentrasi kita akan terpusat pada bagaimana menjaga kualitas konten yang kita buat. Jika sudah begini, ngeblog akan menjadi rutinitas yang menyenangkan.

4. Ciptakan suasana yang nyaman

Munculnya ide maupun suatu karya bermutu tak terlepas dari rasa bahagia dan kenyamanan dari dalam diri. Begitupun dengan aktivitas blogging. 

Jika kita berada dalam suasana santai dan nyaman maka ide-ide segar pun akan bermunculan. Beda halnya jika kita tidak merasa nyaman dalam aktivitas ini, maka yang didapatkan adalah tekanan yang akan merugikan diri sendiri.

Ngeblog bukan sesuatu yang kaku. Kita bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Kita bisa sambil hang out di kafe atau pergi ke tempat yang memiliki fanorama indah. 

5. Temukan metode sendiri yang benar-benar membuat konsisten

Jika uraian di atas dirasa kurang, maka salah satu cara untuk membuat konsisten adalah dengan membuat metode sendiri. 

Buatlah metode senyaman mungkin dan sekreatif mungkin. Karena hal ini akan berimbas besar pada apa yang akan kita lakukan nantinya.

Metode yang kita hasilkan biasanya akan enak untuk dijalani. Namun semua itu akan jadi percuma jika kita tidak bersungguh-sungguh menjalaninya.

Sekian. Dan seperti biasa terimakasih.




25 komentar:

  1. Betul 3x. Terimakasih tipsnya ya. Berguna sekali ini untuk menjaga semangat tetap ngeblog :)

    BalasHapus
  2. Kalau saya selalu usahakan untukk posting minimal 1 artikel per hari :D

    BalasHapus
  3. konsisten itu sulit, tapi klo udah niat insha allah bisa
    cuma yang namanhya mood itu naik turun hehe

    BalasHapus
  4. Blogku pernah mati suri. Sekarang insyaAllah udah konsisten ngeblog karena udah punya tujuan, jadi menetapkan tujuan ngblog kayaknya emang penting. Bdw tipsnya SWAG pak, makasih (y) hheee

    BalasHapus
  5. Wew..
    Super sekali tipsnya..
    Kudu dicoba nih..

    BalasHapus
  6. Ini terkadang gampang secara teori, tp susah prakteknya hahahaha.. Dulu aku punya target update seminggu sekali. Awalnya bisa. Tapi seiring ama tanggung jawab dikantor yg makin tinggi, agak mulai keteteran. Krn ttp kantor yg lbh utama. Jdnya skr aku ga mau pake jdwal. Tp selalu diusahain utk ttp BW dan at least 2 minggu sekali hrs ada postingan baru :)

    BalasHapus
  7. yup mbak fanny, jika terus dipraktekan maka lama kelamaan akan terasa mudah.

    semangat terus mbak

    BalasHapus
  8. Makasih mas Donny tips nya. Aku masih berjuang mempertahankan konsistensi nih >.<

    BalasHapus
  9. Benerrrr banget tujuan ngeblog harus diingat2 biar rajin dan kontinyu ngeblognya

    BalasHapus
  10. setuju! niat dan konsisten.. nggak bisa cuma sekedar di sambi

    BalasHapus
  11. Artikel di blognya mas doni ini bagus-bagus sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak anti...semoga bermanfaat saja ya

      Hapus
  12. Ok. Sekarang aku tahu, kenapa aku nggak konsisten. Niat ngeblognya ... hihi. Makasih tipsnya mas. Niatnya harus diubah nih biar konsisten

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak,,,harus konsisten. semangat terus ya

      Hapus
  13. Target aku sekarang minimal seminggu satu postingan nih.. Mesti konsisten emang ya kalo ngeblog. Makasih tipsnya kak.. ^^

    BalasHapus
  14. kadang memang komitmen yang sudah di tetapkan terganjal kesibukan sehari-hari yang sulit ditinggalkan, aktifitas blogging yang berawal dari hobi pun perlahan mulai di nomor duakan karena kewajiban yang lebih penting. Memang dibutuhkan kemauan yang keras dengan semangat berbagi tentunya...sukses selalu sob...!!

    BalasHapus