Selasa, 19 September 2017

Teknik SEO Sederhana dengan Hasil Luar Biasa

Bagi banyak blogger, trafik tinggi merupakan suatu impian dan tujuan utama. Tanpa trafik, blog hanya sekerdar pajangan yang tidak berguna. Banyak para blogger memutuskan untuk berhenti ngeblog lantaran sepinya pengunjung alias trafik yang didapatkan begitu mengecewakan.



Aktivitas blogging diibaratkan seperti kita menanam tanaman bermanfaat sepeti pohon jati atau pohon durian. Tak bisa hari ini kita tanam besoknya kita mendapatkan hasilnya. Itu sangat mustahil.

Ada dua jalan sebenarnya yang bisa ditempuh untuk mendapatkan trafik untuk sebuah blog, yakni beriklan dengan modal besar dan juga bisa memilih jalan gratis namun memakan waktu yang tidak sedikit. Tinggal pilih saja?

Namun kebanyakan para blogger memilih jalan yang kedua. Yaitu memilih cara gratis. Cara ini sangat ampuh jika kita mau berinvestasi waktu, mengorbankan waktu 1 atau 2 tahun menunggu membludaknya trafik yang datang ke blog kita.

Ok! kali ini saya akan memberikan sedikit trik yang selama ini saya terapkan dalam dunia blogging yakni Teknik Optimasi Search Engine atau yang lebih dikenal SEO. 

Banyak pakar SEO yang memberikan teori yang sebenarnya kurang dipahami oleh blogger pemula dalam menerapkan teknik tersebut dalam blog yang ia jalani. Alhasil teori itu hanya sebantas teori yang mengawang. 

Nah ! dari pengalaman saya mengelola blog serupedia.com, banyak ilmu dan pengalaman berharga yang saya dapatkan dalam menjalankan teknik SEO. Teknik SEO yang saya terapkan ini tidak terlalu ribet namun sangat efektif untuk mendatangkan pengunjuang yang berlimpah. 

Sedikit bocoran sebelum saya mengunanakan teknik SEO ini, Pageview sehari cuma 1K,namun setelah menerapkan teknik ini secara konsisten lonjakan trafik pun saya dapatkan. Sehari kini lebih dari 10K pageview.

Lalu bagaimana tekniknya? Baik akan saya share disini !

1. Daftarakan Blog ke Google Webmaster

Ini adalah cara pertama yang paling sederhana. Mendaftarakan blog ke Google Webmaster menandakan bahwa blog kamu harus masuk ke keluarga besar Google.

Ini penting sekali karena dengan terdaftarnya blog Kita di Google Webmaster, blog kita akan TERINDEX di mesin pencarian Google.

Tak hanya itu, Google Webmaster juga memungkinkan Kita untuk melihat hal-hal seperti Verification Details, Website yang didaftarkan di mesin pencari google, Search Appearance, Search Traffic, Google Index, Crawl, Security Issues dan Other Resources.

Setelah blog Kita terdaftar, maka Kita bisa mengontrol dan memantau perkembangan blog kita sehingga bisa terus mengoptimasi blog secara berkala.

2. Lakukan Riset Kata Kunci

Awalnya saya tidak begitu percaya dengan kekuatan kata kunci untuk memperbanyak pengunjung blog. Namun, lambat laun saya mulai menerapkannya riset kata kunci disetiap membuat artikel. Dan hasilnya sungguh fantastis.

Tools yang selalu saya gunakan dalam meriset kata kunci adalah dengan menggunakan Google Adwords dan kadang-kadang juga menggunakan semrush.com.

Kedua tools ini menurut saya sangat efektif untuk mengetahui kata kinci mana yang relevan dan berbobot untuk kita bidik. 

Saya selalu memulai dengan mencari ide kata kunci dengan membaca banyak artikel. Biasanya dari sana akan terbersit ide kata kunci yang akan Kita bidik.

Jika blog Kita baru, maka disarankan untuk membidik kata kunci longtail, mengingat persaingan di Google sangat begitu ketat. 

Setelah mendapatkan kata kunci yang akan Kita bidik, masukan kata kunci tersebut ke Keyword Planner. Disana kita akan melihat Penelusuran Bulanan Rata-Rata dan Persaingan.

Selama saya melakukan riset keyword saya selalu mengupayakan kata kunci yang penelusuran bulanan rata-ratanya diangak 10 ribu - 100 ribu dengan persaingan rendah. Hal ini akan mempermudah untuk menembus page one di pencarian Google.

3. Selalu Submit ke Google.com/Addurl

Ini juga teknik sederhana yang sangat jitu untuk membuat artikel yang kita publihs bisa nangkring di halaman awal Google. Setelah membuat artikel biasanya saya tak lupa untuk selalu mensubmit url artikel ke Google.com/Addurl.

Caranya memang gampang dan sederhana, tapi efek setelahnya sangat luar biasa. Biasanya setelah saya publish, tak kurang dari 12 jam artikel saya sukses nangkring di halaman pertama Google.

4. Buatlah artikel berkualitas dan informatif dengan format penulisan yang rapih dan teratur.

Menulis artikel yang berpola SEO memang tidak mudah. Setelah saya lakukan beberapa kali eksperimen, ternyata google sangat menyukai artikel yang tidak hanya teks tapi juga gambar yang relevan. 

Bagi saya aturan harus berapa kata tidak lah menjadi masalah, yang terpenting kualitas artikel sangat mempengaruhi sejauh mana Google akan menempatka artikel Kita di nomer 1 mesin pencariannya.

Semakin informatif dan berkualitas, maka lambat laun artikel yang Kita buat akan disenangi tidak hanya mesin pencari namun juga manusia yang membaca artikel Kita. Jika sudah begitu, tinggal tunggu waktu untuk merajai banyak kata kunci yang akan meledakan trafik blog Kita.

5. Buatlah Link Building yang Bekualitas

Setelah artikel selesai bukan berarti pekerjaan selesai. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah bagaimana kita bisa mencari link building atau backlink yang berkualitas. 

Cara sederhana adalah dengan memasukan kata kunci yang kita bidik ke mesin pencarian setelah itu kunjungi blog yang nangkring di peringkat pertama dan berkomentarlah secara jujur dan terbuka. Jangan melakukan spam yang membuat kita akan dicap sebagai blogger yang tak punya kerjaan.

Nah itulah sedikit sharing pengalaman mengenai bagaimana membuat teknik SEO yang sederhana namun memiliki hasil yang luar biasa.

Yang harus dilakukan dalam menerapkan ini semua adalah KESABARAN dan KONSISTEN.


27 komentar:

  1. Aku mau coba praktekan ah. Terima kasih ya, Mas. Aku blom pernah ke google add url sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Goggle webmaster udah mas, Google.com/Addurl yg baru tau, saya coba ya, moga PV bisa melesat hehe aamiin TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak,,,selamat mencoba dan semoga berhasil !!!

      Hapus
  3. caranya bisa di indexs google articel ku juga terindeks dengan cara tersebut ^_^

    BalasHapus
  4. Aq selalu daftarin ke google addurl. Kirain sama aja dg google webmaster..jadi beda lagi toh.. Untuk google AdWords belum mudeng juga sampe sekarang, harus di ulang lagi belajarnya...makasi banyak ilmunya Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak dewi...semoga sukses selalu blognya !!!

      Hapus
  5. saya noted dulu
    banyak noted masalah ginian
    makasih infonya mas

    BalasHapus
  6. Makasih infonya, saya blm terlalu paham dengan blog, masih pemula. Info ini membantu sekali

    BalasHapus
  7. Triims infonya mas, bermanfaat banget. Aku belum coba semuanya.. :D Trims sekali lagi yaa..

    BalasHapus
  8. Kunjungan perdana gan , trimakasih ilmunya.

    BalasHapus
  9. Google webmaster dan google.com addurl blm prnah aku lakuin nih.. Selama ini kalo nulis blog, msh utk nyalurin hobi nulis aja.. Walo ga bisa dipungkirin seneng juga kalo blog banyak yg baca :)

    BalasHapus
  10. siap komandan.. tapi insya Allah udah semua sih, cuma susahnya karena saya jarang ngeblog yang ngejar trafik jadinya jarang pake Adwords. apalagi semenjak dia mulai berbayar.. mamam..huhuhu

    BalasHapus
  11. saya sudah praketikan beberapa mas. dan memang hasilnya luar biasa. sambil sesekali blogwalking untuk menambah relasi. jadi makin powerful.. :D
    salam kenal

    BalasHapus
  12. Sangat bermanfaat, terima kasih mas atas sharing ilmunya.

    BalasHapus
  13. Saya pernah pakai riset kata kunci tapi ya itu memang butuh awaktu dan gak gampang jg
    tapi ada hasilnya nangkring di halaman depan google
    dan artikel seterusnya saya nulis semau saya aja

    BalasHapus
  14. Point 4 itu google.com/addurl baru tahu,yg lainnya sudah familiar

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus